Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk
pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program.
Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat
membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih
banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka.
Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi - versi
sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan
dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Jenis-jenis Pointer
Berbeda dengan pointer dalam Microsoft Word, dalam Excel pointer selain berguna sebagai
penunjuk cell atau objek juga dapat digunakan untuk operasi lain. Berikut beberapa jenis
pointer dalam Excel beserta fungsinya.
Gambar 1
Tombol penggerak Pointer
Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel 2007, anda dapat
memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus untuk menggerakkan pointer/kursor.
Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :
Gambar 2
Instruksi - intruksi blok
Gambar 3
Keyword
Gambar 4
Mengenal Kolom, Baris, Cell, dan Range
Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C,
dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara
Kolom dan Baris disebut Cell. Nama Cell dituliskan berdasarkan nama Kolom dan Baris.
- Cell D4 à merupakan perpotongan antara kolom D dan baris 4
Nama Cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap
cell yang bersangkutan dan memudahkan penulisan rumus/formula.
- Perkalian antara cell A1 dan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4
Range berguna untuk mendefinisikan beberapa cell untuk operasi aritmatika ataupun
statistik.
- Range (D7:H10) à merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10.
Menambah Cell
Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara:
- Klik tab Home
- Pilih kategori Cells
- Klik tanda panah pilihan insert
- Pilih Insert Cells
- Pilih salah satu opsi pilihan dari
- Klik OK
Bersambung yaa ..hhheeeu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar